Inilah Bukti Malasya itu Termasuk Indonesia Utara



Saya pernah diskusi dengan sahabat saya mengenai bangsa Malasya, dia mengatakan dengan tegas bahwa bangsa Malasya itu termasuk Indonesia utara, lalu saya bingung kenapa bisa di katakan Indonesia utara?..........

Nah! disini dia mengulas sedikit demi sedikit dengan membaca peta bangsa nusantara di waktu zaman dahulu kala. Ternyata di belahan asia tenggara terjadi dua bagian kekuasaan besar, tentu membuat saya kaget dengan argumen itu, lalu dia memaparkan bahwa bangsa Indonesia, singapura, Malasya dan bangsa lainnya termasuk kumpulan dari bangsa nusantara yang terkenal pencetusnya dengan melakukan sumpah palapa dan kita mengenal beliau dengan sebutan maha patih Gajah Mada.

Sedangkan di belahan asia tenggara lain, kita kenal di bawah naungan kerajaan gajah putih dan di situlah asia tenggara punya dua kutub kekuatan bangsa nusantara dan juga bangsa gajah putih, sehingga kita tidak heran bahwa bangsa nusantara di kala waktu itu pernah menyatu dalam naungan nusantara, jadi jangan heran ketika sahabat saya mengatakan tentang Malasya itu termasuk Indonesia utara.

Sebutan Malasya Indonesia utara memang terasa unik untuk kita pahami, karena di peradaban zaman dahulu kala kita menyebut Malasya dan Indonesia adalah bagian dari bangsa nusantara, tetapi saat ini kita bisa menyebut bahwa bangsa Malasya itu termasuk Indonesia utara, terasa ada sesuatu yang baru di telinga kita, sehingga dengan menyebut Malasya Indonesia utara ada kesan bahwa memang sejarah pernah membuktikan kita pernah menyatu dalam satu bangsa yang kita kenal dengan sebutan bangsa Nusantara.

Keberadaan Malasya sebagai Indonesia utara bukan bentuk pengklaiman, tetapi hanya sebatas mengingatkan bahwa kita pernah menyatu dalam satu ruang tanah, air dan udara di bawah naungan nusantara yang konon sebagai pemersatu bangsa di asia tenggara.

Salam dari kami Jejaring sosial kiber (www.kitaberbagi.com).........

0 komentar:

Posting Komentar