HUMANISME DENGAN AGAMA

Memanusiakan manusia selalu menjadi obrolan bagi para pelajar maupun masyarakat, sebab hubungan manusia dengan manusia harus berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam kemanusiaan itu sendiri, bahkan agamapun memberikan kontribusi tentang kemanusiaan dalam pergaulan maupun dalam bentuk kepribadian diri dalam menyikapi berbagai permasalahan yang ada.

Humanisme merupakan pola pemikiran yang berusaha menempatkan manusia pada posisinya sebagai makhluk, sedangkan agama tidak hanya menekankan pada sisi kemanusiaan saja, tetapi dari sisi hubungan manusia dengan pencipta juga di bahas secara rinci, dari uraian di atas yang menjadi persoalan adakah benturan humanisme dengan agama? kalau di lihat dari pemikiran humanisme yang cenderung mengedepankan sistem sosial, sedangkan agama cenderung sisi religius yang mengedepankan hubungan manusia dengan Tuhan, walau di situ tidak menegasikan tentang hubungan manusia dengan manusia.

Di dalam humanisme ketika terjadi interaksi manusia dengan manusia, apabila saling menguntungkan itu termasuk salah satu nilai-nilai humanisme, sedangkan agama walaupun saling menguntungkan hubungan manusia dengan manusia, jika tak sesuai dengan hukum Tuhan tentu itu tidak dapat dikatakan nilai-nilai agama, tetapi lebih tepatnya penyimpangan agama.

Humanisme dan agama tentu berbeda, apabila melihat contoh diatas, walaupun tidak dipungkiri ada kesamaan antara humanisme dengan agama.

0 komentar:

Posting Komentar