ISLAM DAN ALIRAN (kelompok-kelompok)

Banyak pendapat bahwa Islam itu satu tetapi fakta di lapangan Islam begitu kompleks sehingga terbentuk beragam interprestasi tentang Islam itu sendiri bahkan banyaknya aliran yang kurang sepaham dengan aliran lain seperti Qodariyah jabariyah sunni salaf kwarij mu tazilah murji ah dan aliran-aliran klasik lain.

Indonesiapun tak ketinggalan ada kelompok terbesar di dunia seperti muhammadiyah NU LDII Persis Masyumi dan lembaga-lembaga lain. sehingga menunjukkan bahwa Islam itu satu tetapi di dalam Islam itu sendiri terdapat kelompok-kelompok yang beragam.

Saat ini yang menjadi perbincangan hangat tentang lahirnya kelompok Jaringan Islam liberal jaringan Islam tradisional HTI dan Jama ah-jama ah lain. persoalan mendasar dari kelompok-kelompok Islam dalam menafsiri tentang cara pandang masyarakat dalam beragama yaitu: segala sesuatu yang ada dalam kehidupan masyarakat kita kembalikan dalam fitrahnya (Al-Qur an dan hadits) atau agama di kondisikan dengan zaman tetapi kitab suci tetap di jadikan sebagai rujukan.

Banyaknya pemahaman dalam Islam merupakan kekayaan bagi umat sehingga keberagaman tersebut merupakan rahmat dan dapat di jadikan sebagai bahan dalam menyikapi permasalahan ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar